Apa Itu Refurbish? Pengertian dan Perbedaannya dengan Refurbish

Ketika Anda pergi ke toko handphone, pernahkah Anda menemukan handphone resmi namun harganya sangat miring? Nah, jika Anda pernah menemukannya, Anda harus berhati-hati siapa tahu handphone tersebut adalah refurbish, bahkan rekondisi. Lalu, apa itu refurbish?

Handphone refurbish merupakan handphone daur ulang yang secara resmi dilakukan oleh perusahaan pembuatnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai apa itu refurbish dan perbedaannya dengan HP rekondisi, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Apa Itu Refurbish?

Apa-Itu-Refurbish

Refurbish merupakan istilah yang sering muncul ketika Anda hendak membeli handphone baru. Refurbish sendiri memiliki arti diperbaharui, sehingga bisa dikatakan bahwa handphone refurbish merupakan handphone yang sudah mengalami pembaharuan karena tidak sesuai standar kualitas.

Hampir sama seperti handphone rekondisi, handphone refurbish merupakan hasil dari proses daur ulang yang dilakukan oleh perusahaan pembuatnya sendiri secara resm. Sementara itu, handphone rekondisi, proses perakitannya dilakukan oleh teknisi atau orang yang ahli di bidangnya.

Handphone refurbish ini biasanya berasal dari handphone-handphone yang tidak terjual atau rusak tapi masih dalam masa garansi yang kemudian dikembalikan oleh pembelinya. Handphone-handphone tersebut lalu diperbaiki oleh perusahaan pengembangnya dan dijual kembali ke pasaran.

Sama halnya seperti handphone resmi pada umumnya, penjualan handphone refurbish ini akan disertai dengan garansi resmi dari pihak perusahaan pengembangnya. Jadi, saat handphone mengalami kerusakan, Anda bisa membawanya ke service center resmi perusahaan handphone tersebut.

Perlu untuk Anda ketahui juga bahwa tidak hanya perusahaan kecil saja yang melakukan daur ulang terhadap handphone yang gagal memenuhi standar. Beberapa perusahaan seluler ternama juga banyak melakukan hal ini untuk memangkas kerugian yang mereka alami.

Hal yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah handphone refurbish layak untuk dibeli atau tidak. Keuntungan membeli handphone refurbish adalah sudah dilengkapi garansi resmi dari pihak perusahaan pengembangnya dan harga yang lebih murah dibandingkan handphone resmi lainnya.

Perbedaan Handphone Refurbish Dengan Rekondisi

Setelah memahami apa itu refurbish, Anda juga harus paham apa saja perbedaan antara handphone refurbish dengan rekondisi. Berikut ini beberapa perbedaan refurbish dan rekondisi yang wajib Anda ketahui.

1. Bahan yang Digunakan

Bahan-yang-Digunakan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai apa itu refurbish, hal yang membedakan antara handphone refurbish dengan rekondisi terletak pada bahan yang digunakan. Meskipun kedengarannya sama, namun bahan yang digunakan untuk HP refurbish lebih berkualitas dan memenuhi standar.

Hal ini dikarenakan handphone refurbish dirakit dan diperbaiki langsung oleh perusahaan pengembang resminya, sedangkan handphone rekondisi dirakit oleh seseorang yang ahli dalam bidang bongkar pasang mesin HP. Bahan HP rekondisi biasanya menggunakan komponen bekas dari HP lain.

HP rekondisi biasanya menggunakan komponen-komponen dari HP bekas lainnya kemudian dirakit ulang. Apabila ada beberapa komponen yang tidak ada, maka perakit akan menggunakan komponen lain dengan kualitas yang rendah.

2. Perakitan dan Perbaikan HP

Perakitan-dan-Perbaikan-HP

Dalam segi perakitan dan perbaikannya, handphone refurbish dilakukan secara resmi oleh perusahaan pengembangnya menggunakan komponen yang masih layak pakai dan sesuai standar. Sementara itu, untuk HP rekondisi dilakukan oleh teknisi menggunakan komponen bekas dari HP yang sudah rusak.

3. Garansi yang Diberikan

Garansi-yang-Diberikan

Handphone refurbish biasanya akan dilengkapi dengan garansi resmi dari perusahaan yang mengembangkannya, sedangkan handphone rekondisi tidak dilengkapi dengan garansi. Masa garansi HP refurbish juga bervariasi, mulai dari satu minggu, satu bulan, hingga satu tahun.

4. Performa dan Kualitas HP

Performa-dan-Kualitas-HP

Karena dirakit dan diperbaiki oleh perusahaan pengembangnya secara resmi, kualitas dan performa handphone refurbish jauh lebih baik dibandingkan HP rekondisi. Komponen yang digunakan untuk HP refurbish juga sudah memenuhi standar mutu.

Hal ini berbanding terbalik dengan handphone rekondisi yang memiliki kualitas di bawah standar refurbish karena HP rekondisi menggunakan komponen bekas dari HP yang sudah rusak. Selain itu, proses perakitannya hanya dilakukan oleh teknisi sehingga belum tentu terjamin kualitasnya.

5. Perubahan pada Perangkat

Perubahan-pada-Perangkat

Jika diperhatikan dengan seksama, handphone rekondisi memiliki banyak perbedaan mulai dari bobot perangkat yang lebih ringan, perubahan font, case yang berkualitas rendah, dan lain sebagainya. Sementara itu, untuk HP refurbish memiliki fitur yang sama persis dengan HP aslinya.

6. Suara Speaker HP

Suara-Speaker-HP

Hal lainnya yang membedakan antara HP refurbish dengan rekondisi yaitu terletak pada suara speakernya. Suara yang dihasilkan dari HP refurbish memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan HP rekondisi.

Untuk HP rekondisi biasanya suara yang dihasilkan tidak terlalu jernih. Namun, apabila Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan HP rekondisi dengan suara speaker yang jernih dan menggelegar.

7. Harga HP

Harga-HP

Dibandingkan dengan harga HP asli yang beredar di pasaran, HP refurbish dan rekondisi dipatok dengan harga yang jauh lebih murah. Namun, jika dibandingkan antara HP refurbish dan HP rekondisi saja, maka harga HP refurbish masih lebih mahal daripada HP rekondisi.

Hal ini tentunya berkaitan dengan kualitas komponen yang digunakan pada kedua HP ini. Harga HP refurbish memang terjangkau, namun tetap lebih mahal dibanding rekondisi karena kualitas komponen yang digunakan untuk HP refurbish lebih berkualitas dan sudah memenuhi standar mutu.

Tips Sebelum Membeli Handphone Refurbish

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai apa itu refurbish dan perbedaannya dengan HP rekondisi, Anda mungkin mulai tertarik untuk membeli HP refurbish karena harganya yang lebih murah, Berikut ini tips memilih handphone refurbish berkualitas dengan harga terjangkau.

1. Kenali Terlebih Dahulu Apa Itu HP Refurbish

Kenali-Terlebih-Dahulu-Apa-Itu-HP-Refurbish

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli HP refurbish, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu pengertian refurbish. Meskipun tergolong handphone yang sudah didaur ulang, Anda tidak perlu khawatir karena tetap menggunakan komponen yang berkualitas.

Dari segi perakitannya juga dilakukan secara langsung oleh pihak perusahaan pengembang resminya. Dengan begitu, proses perbaikan dan perakitannya bisa dipastikan memenuhi standar mutu dan tidak dibuat dengan asal-asalan.

2. Cari Informasi Dengan Detail

Cari-Informasi-Dengan-Detail

Sebelum memutuskan untuk membeli handphone, pastikan untuk mencari informasi secara detail mengenai handphone yang ingin Anda beli. Jangan sampai Anda salah mengira bahwa handphone tersebut adalah refurbish, namun kenyataannya adalah handphone rekondisi.

3. Beli di Toko Terpercaya

Beli-di-Toko-Terpercaya

Tips selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah membeli handphone refurbish yang sudah terpercaya. Tingginya minat masyarakat terhadap HP refurbish membuat penjual HP refurbish online ikut meningkat.

Agar tidak menyesal, Anda harus lebih berhati-hati sebelum memutuskan untuk membeli HP refurbish. Untuk meminimalisir kerugian dan penipuan online, Anda bisa memilih opsi COD (cash on delivery) sehingga Anda bisa memeriksa HP terlebih dahulu.

Pastikan untuk membeli HP di toko yang terpercaya dan sudah dilengkapi dengan garansi resmi. Misalnya untuk iPhone refurbish biasanya dilengkapi dengan garansi resmi dari Apple selama 1 tahun.

4. Aksesoris HP Refurbish

Aksesoris-HP-Refurbish

Cek aksesoris handphone refurbish sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Karena diperbaiki dan dirakit langsung oleh perusahaan pengembangnya, aksesoris HP refurbish menggunakan yang asli dan berkualitas. Apabila aksesoris HP refurbish terlihat palsu, maka Anda wajib mewaspadainya.

Dari penjelasan di atas, Anda semakin paham tentang apa itu refurbish dan perbedaannya dengan rekondisi, bukan? Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, HP refurbish bisa menjadi pilihan terbaik. Tips di atas juga bisa Anda terapkan agar memperoleh HP refurbish yang murah tapi tetap berkualitas.

 

Lihat Juga :

  1. 4 Cara Membuka Hp Oppo A3s Yang Lupa Pola dan Password
  2. 10 Cara Custom ROM Lenovo A6000/Plus (Berhasil)