3 Cara Lapor Gangguan Telkom Indihome (Call Center, Medsos, App)

Posted on

PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) adalah perusahaan telekomunikasi milik negara yang menyediakan jasa telekomunikasi dan jaringan di Indonesia. Perusahaan besar ini memiliki layanan lapor gangguan 24/7 untuk para pelanggan. Inilah beberapa cara lapor gangguan Telkom yang mungkin belum Anda tahu.

Cara Lapor Gangguan Telkom

Layanan lapor gangguan ini tidak hanya ditujukkan untuk pelanggan telepon rumah atau kantor, tapi juga untuk pengguna produk Telkom lainnya termasuk TV berbayar (UseeTV) dan layanan internet (Indihome Speedy, dan wifi id.).

Gangguan-gangguan ini bisa terjadi karena masalah internal seperti kesalahan teknis dari pihak Telkom atau mungkin server down, tapi bisa juga karena hal eksternal seperti hujan lebat, petir, angin kencang, atau bahkan pohon tumbang yang membuat kabel Telkom korslet/ putus.

Pastinya sangat menyebalkan ya jika tiba-tiba telepon atau wifi di rumah tidak bisa digunakan karena sejumlah alasan tersebut. Agar tidak berlarut-larut, maka Anda harus segera menghubungi pihak Telkom. Jika ingin cepat direspon, opsi terbaik adalah dengan datang langsung ke kantor Telkom.

Meskipun cara ini cukup klasik, tapi Anda bisa langsung bertatap muka dengan petugas dan biasanya laporan Anda akan diutamakan. Namun sebelum pergi ke kantor Telkom, jangan lupa untuk membawa bukti pengaduan, misalnya berupa foto atau rekaman video.

Namun bagi sebagian orang, cara ini dianggap cukup merepotkan apalagi jika jarak rumah dan kantor Telkom cukup jauh. Belum lagi jika harus terkena macet dan antri saat sudah tiba di kantor, plus harus kehilangan bensin untuk berkendara. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan salah satu cara berikut:

1. Telepon ke Call Center

Telepon-ke-Call-Center

Cara lapor gangguan Telkom yang pertama ini adalah yang termudah dan tercepat tanpa harus pergi kemana pun. Cara ini juga bisa membuat Anda terhubung langsung dengan petugas Telkom. Anda bisa menggunakan telepon rumah/kantor atau menghubungi dari hp.

Tapi, sisi negatif dari cara ini adalah Anda harus memiliki pulsa yang cukup, minimal 25 ribu  agar panggilan telepon tidak terputus sebelum Anda selesai berbicara dan membuat Anda harus menelpon ulang, yang pada akhirnya malah akan menghabiskan lebih banyak pulsa.

Jika menggunakan telepon rumah atau kantor, Anda bisa langsung tekan nomor 147 dan tunggu sampai petugas call center Telkom mengangkat telepon Anda.

Jika Anda menghubungi via hp, maka sebelum menekan nomor 147 harus ditambah dengan kode area 021, jadi nomornya adalah 021147. Jika menggunakan hp, biasanya Anda akan tersambung dulu dengan mesin penjawab otomatis, yang nantinya akan memberikan Anda sejumlah pilihan seperti berikut:

  • Tekan 1 untuk menggunakan layanan berbahasa Indonesia.
  • Tekan 2 jika Anda ingin langsung tersambung dengan petugas untuk melaporkan gangguan Indihome.
  • Tekan 3 jika ingin melaporkan gangguan lainnya, dll.

Setelah customer service Telkom mengangkat, Anda bisa langsung menceritakan kronologi atau detail gangguan yang Anda alami.

2. Melalui Aplikasi MyIndihome

Jika tak ingin menghabiskan banyak pulsa untuk menelpon call center, Anda bisa menggunakan aplikasi online bernama MyIndihome, yang bisa diakses kapan saja (24 jam per 7 hari) hanya dari smartphone, selama Anda terhubung ke internet.

Aplikasi berukuran 3.7 MB ini bisa digunakan oleh semua pengguna internet Indihome milik Telkom. Anda bisa mendownloadnya secara gratis dari App Store dan Google Play. Ada sejumlah fitur yang dimilikinya dalam tampilan antarmuka yang ramah pengguna, seperti:

  • Cek ketersediaan layanan Indihome di sekitar lokasi Anda.
  • Registrasi / daftar langganan Indihome.
  • Memantau / mengawasi proses pemasangan peralatan Indihome di rumah atau kantor Anda.
  • Cek tagihan dan melakukan pembayaran Indihome.
  • Notifikasi promo dan info-info terbaru seputar Indihome dan Telkom.
  • Cek reward poin yang Anda dapatkan sekaligus bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.
  • Memungkinkan Anda untuk menambahkan layanan Telkom lainnya seperti upgrade speed internet, speed on demand, wifi.id seamless, berlangganan Iflix, minipack TV cable channel, Catchplay, dll.
  • Melaporkan gangguan dan mengawasi proses penyelesaian masalah yang sudah dilaporkan tersebut.

Tata cara lapor gangguan Telkom melalui aplikasi MyIndihome:

Agar bisa mengakses semua fitur dalam daftar di atas, Anda harus download dulu aplikasinya dan mendaftar akun ke MyIndihome. Setelah itu langsung cari fitur “Lapor Gangguan” dan klik.

  • Layar hp Anda akan menampilkan form yang terdiri dari beberapa bagian, yaitu nomor pelanggan, jenis layanan yang Anda gunakan, produk apa yang mengalami gangguan, dan deskripsi / detail dari gangguan tersebut.

Layar-hp-Anda-akan-menampilkan-form

  • Pastikan Anda mengisi form dengan benar dan lengkap (terutama bagian contact person), kemudian centang kotak kecil disamping tulisan “Data di atas telah sesuai dan tidak dapat diubah setelah Anda tekan tombol lapor………”
  • Jika sudah yakin semua datanya benar, silahkan klik tombol merah bertuliskan “Submit” atau “Lapor”, dan laporan Anda akan langsung masuk ke dalam sistem Telkom tapi tentunya sedang dalam antrian.

Jika-sudah-yakin-semua-datanya-benar

Jika laporan ini sudah dibaca, biasanya pihak Telkom akan menghubungi Anda ke nomor telepon yang sudah Anda isikan pada form tadi untuk melakukan konfirmasi dan selanjutnya petugas Telkom akan mendatangi tempat Anda. Tapi, terkadang juga petugas Telkom akan langsung datang tanpa konfirmasi.

3. Lewat Media Sosial

Lewat-Media-Sosial

Perusahaan Telkom memiliki sejumlah media sosial yang selain bisa digunakan untuk mendapatkan informasi terbaru juga bisa digunakan untuk melaporkan gangguan. Cara lapor gangguan Telkom lewat akun Twitter atau Facebook Telkom adalah sebagai berikut:

  • Pertama siapkan dulu nomor pelanggan Anda.
  • Lalu pilihlah salah satu untuk melapor via Twitter di @telkomcare atau lewat Facebook di “Telkom Care”.
  • Selanjutnya langsung adukan masalah atau gangguan yang Anda alami lewat direct message (DM).
  • Biasanya dalam waktu kurang atau lebih dari 1×24 jam laporan Anda akan direspon oleh admin. Tergantung pada respon tersebut, Anda hanya perlu mengikuti arahan selanjutnya atau menunggu petugas Telkom datang ke lokasi Anda.

Kelemahan dari cara ini adalah Anda harus sabar untuk menunggu respon, karena pastinya ada banyak sekali chat dan mention Twitter yang diterima oleh Telkom, sehingga admin membutuhkan waktu lama untuk merespon satu per satu. Namun kelebihannya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan pulsa.

Alternatif lain selain via Twitter atau Facebook adalah lewat email. Anda bisa langsung buka email dan kirimkan pesan ke alamat customercare@telkom.co.id. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor pelanggan Anda beserta keperluan Anda pada bagian “Subjek” email.

Namun menurut sejumlah sumber yang ada, cara lapor gangguan Telkom lewat email biasanya akan jauh lebih lama untuk direspon daripada via Facebook dan Twitter, sehingga lebih baik menggunakan cara ini sebagai opsi paling terakhir.

Ada beberapa cara lapor gangguan Telkom yang bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi Anda. Jika jarak rumah Anda dekat dengan kantor Telkom, langsung datang ke kantor adalah opsi terbaik. Tapi jika tak ingin repot ke luar rumah dan berkendara, telepon ke call center adalah alternatif paling tepat.

 

Lihat Juga :

  1. Alamat PT Telkom Indonesia Pusat dan Seluruh Indonesia (+No TLP CS)
  2. Alamat Kantor Indihome Jakarta, Bandung, Medan, dll (+No Tlp CS)
  3. 5 Cara Isi dan Lapor SPT Pajak Online/E-Filing Step by Step
  4. Nomor Call Center BCA Pusat 24 Jam, Tarif, dan Layanan Lengkap
  5. Alamat Bank BRI Pusat (Jakarta) Dan Nomor Call Center 24 Jam